Langsung ke konten utama

Kumpulan Naskah KN PRBBK XIII di Kota Mataram



Konferensi Nasional Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas ke XIII ini bertema
“Menguatkan Tata Kelola Sumberdaya Berbasis Komunitas menuju Masyarakat Tangguh
Bencana”. Panitia penyelenggara mengundang para pemerhati dan praktisi pengelolaan risiko bencana berbasis komunitas di Indonesia mengirimkan abstraknya. Ada 7 orang panitia seleksi naskah menyeleksi sejumlah 28 abstrak. Panitia seleksi ada yang bekerja sebagai pendidik dan sekaligus peneliti (di Darwin - Australia, Manado - Sulawesi Utara, Depok – Jawa Barat, dan Berlin-Jerman),  praktisi di Kupang dan Jakarta dan seorang kandidat doktor sekaligus pengurus Perkumpulan Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia.

Dari 28 abstrak itu, ada 3 yang mengundurkan diri. Seluruh abstrak yang diterima diminta mengirim naskah lengkapnya yang dapat dibaca dalam dokumen ini. Secara tematik, panitia pengarah KN PRBBK Ke XIII membaginya menjadi 6 tema besar, yaitu kesiapsiagaan, kedaruratan bencana, ketangguhan masyarakat, ketangguhan anak dan sekolah, kebijakan adaptasi perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana, dan pengurangan risiko bencana inklusif. Naskah-naskah lengkap yang berhasil dikumpulkan oleh panitia penyelenggara dikumpulkan dalam kumpulan naskah ini untuk memudahkan peserta memilih dan mengikuti panel yang diminatinya. Ada juga 4 panel mendahuluinya yang merupakan mandate dari KN PRBBK ke XII di Bandung tahun lalu, yaitu mengenai data dasar dan indicator komunitas tangguh, perlindungan pelaku PRBBK dan kelompok
rentan yang berbasis komunitas, advokasi dan pembelajaran PRBBK di Indonesia, serta pendanaan, pemangku kepentingan, budget dan evaluasi PRBBK. Sayangnya belum semua naskah panel 1 s/d 4 termuat dalam kumpulan naskah ini.

Selengkapnya dapat didownload di sini.